728x90 AdSpace

Update
Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 17 September 2015

8 Cap Paspor Paling Unik di Dunia

Sebenernya, paspor adalah dokuman milik negara yang sifatnya amat sangat resmi, dan sudah hal yang sangat wajar ketika petugas imigrasi di manapun kita berada memberikan cap masuk atau keluar ketika memasuki atau keluar dari wilayah sebuah negara tertentu. Ada juga negara yang hanya memberikan cap masuk tapi tidak memberikan cap keluar, seperti Amerika Serikat dan Inggris misalnya. Konon, kegunaan dari cap ini adalah sebagai bukti resmi mengenai riwayat perjalanan seseorang dari satu negara ke negara lainnya, meskipun jaman sekarang kelihatannya sudah lebih mengandalkan sistem registrasi berbasis online. Dengan kata lain, tidak bisa sembarang orang mengubah atau menambah atau mengurangi isi dari paspor itu sendiri, misalkan corat coret, atau iseng membubuhkan cap dan lain-lainnya. Tapi pada kenyataannya, ternyata ada beberapa 'tempat' yang menawarkan cap paspor yang unik yang bisa menghiasi halaman visa paspor wisatawan. Yuk kita tengok satu per satu:

1.Cap paspor Machu Picchu



Machu Picchu bisa jadi magnet utama pariwisata negara Peru, dan sebagai WNI kita bisa berlibur ke Peru tanpa visa loh gan! Cap paspor ini bisa didapat di situs tamasya reruntuhan kuno legendaris dunia, Machu Picchu. Cap paspor ini bisa didapat di sekitar pintu masuk situs ini gan!

2.Cap paspor Easter Island (Pulau Paskah)



Sebenarnya, Easter Island ini adalah bagian integral dari negara Chile gan, dan lagi-lagi, sebagai WNI kita bisa berlibur ke Chile tanpa visa! Di Easter Island, kita bisa mendapat cap ini di kantor pos setempat dengan biaya beberapa peso.

3.Cap paspor Galapagos Islands (Kepulauan Galapagos)



Kepulauan yang satu ini adalah bagian dari negara Ekuador gan, yes, lagi-lagi pemegang paspor Indonesia bisa berlibur ke negara ini tanpa harus mengajukan visa!

4.Cap paspor 'di tengah dunia'



Lagi-lagi di Ekuador. Ketika anda berada di negara yang satu itu, coba mampir ke Ciudad Mitad del Mundo, atau dalam bahasa inggrisnya: Middle of the World City alias kota tengah dunia. Kota yang satu ini kabarnya tepat berada di garis khatulistiwa (atau paling tidak yahhhh nyaris dehhhh). Di monumennya (ibaratnya seperti monument Khatulistiwa di Indonesia deh), kita bisa menemukan pertokoan, restoran dan beberapa trik-trik yang unik mengenai gaya gravitasi. Kita juga bisa mendapatkan cap paspor di situ.

5.Cap paspor 'di ujung dunia'



Ushuaia, sebuah wilayah di negara Argentina, bisa jadi adalah wilayah paling selatan di muka bumi gan! Ushuaia adalah salah satu rute terfavorit kapal pesiar untuk singgah ke wilayah antartika. Konon, harus merogoh fulus yang cukup banyak untuk bisa berlibur ke wilayah yang satu ini. Aduh, ane jadi inget sebuah film yang judulnya 'At World's End' nih...

6.Cap paspor 'Checkpoint Charlie'



Bagi pecinta sejarah negara Jerman, atau paling tidak mengenai tembok 'pemisah' terkenal dunia, the Berlin Wall (Tembok Berlin), mungkin sudah pernah dengar mengenai Checkpoint Charlie ini. Konon, ada beberapa pihak yang mengontrol pos perbatasan ini, mulai dari Jerman Barat, Jerman Timur, Uni Soviet, Amerika Serikat (dan sekutunya) dan tidak ketinggalan pasukan dari Inggris. Nah, jaman sekarang ini, kalau kita mampir ke kota Berlin, salah satu atraksinya mungkin 'Brandenburg Gate' yang penampakannya menyerupai pilar raksasa. Di sekitaran situ, biasanya berdiri dua orang yang berpakaian seperti tentara jaman dulu dan mereka menawarkan cap paspor seperti yang muncul di atas seharga 2.5 Euro gan.

7.Cap paspor Keadipatian Liechtenstein



Sebenarnya, tidak ada perbatasan resmi di negara yang letaknya diapit oleh negara Austria dan Swiss ini. Jadi, kalau ngebet banget pengen dapet cap paspor Liechtenstein, agan-agan bisa mampir ke kantor turis setempat.

8.Cap paspor Monako




Lagi-lagi negara kecil di Eropa yang letaknya diapit oleh negara lain. Tidak ada pengecekan resmi oleh pihak imigrasi Monaco, dengan kata lain agan/sis harus rela mampir ke kantor pariwisata Monako untuk mendapatkan cap paspor yang satu ini... Dan tidak dipungut biaya juga gan.



Sumber : kaskus
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 8 Cap Paspor Paling Unik di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Unknown