728x90 AdSpace

Update
Diberdayakan oleh Blogger.
Minggu, 11 Oktober 2015

5 Kota dengan keragaman bahasa paling banyak di Dunia

5. Los Angeles, Amerika Serikat: +300 Bahasa



Walaupun statusnya sebagai salah satu kota paling maju di dunia namun Los Angeles di Negara Bagian California, Amerika Serikat masih memiliki banyak bahasa daerah. Ada sekitar 300 bahasa berbeda yang diucapkan oleh warga yang tinggal di sana.


Umumnya bahasa-bahasa yang berbeda-beda ini dibawa oleh pendatang dari Spanyol, Korea, Filipina hingga China. Para imigran dan pencari kerja inilah yang memiliki andil besar dalam memperkaya bahasa di Los Angeles. Menurut warga yang juga tinggal di kota ini, sangat wajar jika melihat orang-orang mengucapkan dua hingga tiga bahasa berbeda di Los Angeles.



4. Delhi, India: +400 Bahasa



Delhi dikenal sebagai salah satu kota di dunia yang begitu sibuk dan padat. Atas dasar itu pula kota ini menjadi tujuan utama warga India yang berada di pelosok untuk datang dan menetap di sana guna memenuhi kebutuhan hidup. Di dalam kota ini tercatat ada 400 bahasa yang berasal dari seluruh India.


Kebanyakan warga yang tinggal di sana juga bisa menggunakan bahasa Inggris namun bahasa Hindi tetap menjadi yang paling utama dan banyak dituturkan. Bahasa lain yang bisa ditemukan di Delhi antara lain bahasa Urdu dan Punjabi. Namun bagi pendatang yang berkunjung ke sana lebih baik untuk sedikit belajar bahasa Hindi sebab meski banyak orang yang bisa berbahasa Inggris, untuk keperluan menawar barang dan negosiasi transportasi perlu menggunakan bahasa lokal.



3. Lagos, Nigeria: +500 Bahasa



Tidak harus menjadi ibukota negara bagi sebuah kota untuk menjadi tujuan merantau dan mengadu nasib. Seperti Kota Logos misalnya, kota di Nigeria ini bukanlah ibukota tapi banyak warga yang datang untuk mengadu nasib karena kota tersebut merupakan salah satu kota tersibuk di sana.


Para pemuda dari seluruh penjuru negeri datang dengan harapan bisa memperbaiki kehidupan mereka. Hasilnya lebih dari 500 bahasa bisa ditemukan di dalam kota Lagos. Bahasa ini berasal dari suku-suku berbeda yang tersebar seluruh Nigeria.

Setidaknya mereka yang tinggal di kota Lagos mampu menguasai minimal dua bahasa selain bahasa daerah mereka juga memakai bahasa Inggris sebagai bahasa resmi.

Selain bahasa Inggris, bahasa lain yang banyak digunakan di Lagos adalah bahasa Hausa, Yoruba, dan Igbo. Namun meski mereka memiliki bahasa yang berbeda-beda namun penduduk Nigeria apapun etnisnya tetap ramah dengan pendatang. So, kamu tidak perlu khawatir soal bahasa jika berkunjung ke sana.


2. Jakarta, Indonesia: + 700 Bahasa



Boleh dikatakan pendatang di Jakarta jumlahnya bisa dua kali lipat dibanding penduduk asli. Hal tersebut bisa dilihat pada momen-momen hari besar keagamaan yang mana sebagian besar pendatang pulang kampung dan menyisakan sudut-sudut kota yang lengang.

Pada hari biasa masyarakat yang berasal dari berbagai etnis di Indonesia berkumpul menjadi satu dengan tujuan yang sama yaitu mencari nafkah dan kehidupan yang lebih baik.


Jakarta diibaratkan seperti gula yang mengundang banyak semut untuk datang. Dengan iming-iming meraih kesuksesan setiap orang datang mengadu nasib ke ibukota meski tak sedikit yang pulang dengan tangan kosong.

Fenomena seperti ini juga turut andil dalam terjadinya sebuah akulturasi budaya. Menurut situs Ethnologue di ibukota Indonesia ini terdapat 700 bahasa berbeda yang diucapkan.

Memang sebagian besar warga yang datang ke Jakarta menggunakan bahasa Indonesia namun tidak jarang pula yang masih menggunakan bahasa daerahnya.

Warga yang berasal dari berbagai etnis di Indonesia ini kemudian saling berinteraksi dan terjadilah percampuran budaya atau akulturasi budaya.


1. Port Moresby, Papua Nugini: +800 Bahasa



Port Moresby memiliki kasus yang serupa dengan Jakarta. Statusnya sebagai ibukota negara membuatnya menjadi magnet bagi warga dari pelosok untuk datang dan mengadu nasib.

Oleh karenanya di dalam kota tersebut dicatat oleh Ethnologue memiliki 800 bahasa yang berbeda. Dengan banyaknya variasi bahasa tersebut menjadikan kota ini begitu kaya akan percampuran bahasa.



Setiap daerah di Papua Nugini juga memiliki bahasanya masing-masing dan bahasa ini masih aktif digunakan oleh warga untuk berkomunikasi dengan sesama teman sedaerahnya.


Apa yang terjadi di Port Moresby ini sangat mirip dengan Jakarta, bedanya kota ini masih terbilang kesulitan dalam bidang ekonomi. Namun nyatanya tidak menyurutkan warga dari seluruh pelosok Papua Nugini untuk datang ke sana.


Sumber : Kaskus
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 5 Kota dengan keragaman bahasa paling banyak di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Unknown